Kamis, 14 Februari 2013

Konversi teks ke narasi dengan software Speakonia


Speakonia sebenarnya adalah sebuah utilitas freeware sederhana yang dapat mendeteksi teks kemudian membaca teks menjadi suara yang bisa didegarkan langsung lewat looudspeaker komputer. Speakonia dilengkapi dengan sekitar 20 suara (dengan suara aksen robot) dan memungkinkan anda dengan cepat mengubah kecepatan membaca dan pitch, agar pengguna lebih mudah mengikuti pengucapan kata-kata oleh komputer . Speakonia dapat menyimpan teks dalam file WAV untuk mendengarnya ketika anda mengemudi atau jogging, tapi sayangnya software ini tidak dapat menyimpan file suara dalam format MP3, sehingga diperlukan utilitas konversi audio pihak ketiga, software konverter yang bisa digunakan bisa lihat disini sound converter .

Antarmuka program spokenia yang sederhana, jelas dan mudah penggunaannya, User cukup memilih teks dalam dokumen dan tekan Ctrl C (klik tombol play) untuk membacanya keras-keras. Namun software ini tidak memiliki kontrol untuk melewatkan pembacaan ke kalimat berikutnya atau jump paragraf. Terlepas dari kelemahan tersebut, kinerja yang layak dan harga gratis membuat software text to speak ini menjadi pilihan yang bagus untuk orang yang pandangannya terganggu (orang buta) atau orang yang lebih suka mendengarkan suara hasil pembacaan text dari software speakonia.



Operating systems yang didukung oleh Spokenia adalah Windows Me, Windows 98, Windows 95, Windows 2000, Windows NT, Windows XP (untuk Windows 7 belum dicoba)


Jika tertarik menggunakan software konverter teks ke suara di atas bisa download disiniConvert Text-To-Speech

Tidak ada komentar:

Posting Komentar